12 Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadan Di Indonesia..!!!

Kita akan menyambut bulan suci Ramadan atau yang sering kita sebut sebagai bulan "Puasa". Bulan di mana setiap umat muslim harus menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu dari tebit fajar sampai terbenamnya mentari.




Bermacam-macam cara dari setiap daerah di Indonesia menyambut bulan suci Ramadhan, berikut adalah 12 tradisi di Indonesia mennyambut bulan suci Ramadan. 

Jom kita selongkar..

1. Mungguhan


Mungguhan adalah suatu kegiatan berkumpul bagi anggota keluarga, sahabat dan bahkan juga teman-teman kita untuk saling bermaaf-maafan sambil menikmati sajian makanan khas untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

2. Nyorog

Nyorog tradisi dari betawi yang di lakukan sebelum datangnya bulan suci Ramadhan dengan membagi-bagikan bingkusan makanan kepada anggota keluarga yang lebih tua seperti Bapak/Ibu, Mertua, Pakcik, atau Nenek kita.

3.Balimau
Masyarakat Padang biasanya menyambut bulan suci Ramadhan dengan membersihkan diri, berendam dan mandi di sungai maupun tempat pemandian yang di lakukan dari mulai terbit fajar sampai terbenam. Tradisi ini disebut Balimau.

4. Jalur Pacu

Di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, masyarakatnya memiliki tradisi yang mirip dengan lomba dayung. Tradisi "Jalur Pacu" ini digelar di sungai-sungai Riau dengan menggunakan perahi tradisional, seluruh masyarakat tumpah ruah menyambut acara tersebut.

5. Meugang

Di Nangroe Aceh Darussalam (NAD) mempunyai tradisi yang berbeda, di mana warga menyambut bulan suci Ramadhan dengan cara menyembelih kambing atau kerbau. Tradisi ini disebut "Meugang" konon kabarnya tradisi ini sudah ada sejak tahun 1400 Masehi atau sejak jaman raja-raja Aceh.

6. Padusan
Lain daerah lain pula tradisinya, masyarakat di Klaten, Boyolali, Salatiga dan Yogyakarta biasa melakukan upacara berendam atau mandi di sumur-sumur atau sumber mata air di tempat-tempat kramat. Tradisi ini bermakna agar jiwa dan raga seseorang yang akan melakukan ibadah puasa bersih secara lahir dan batin.


#infospoters #spoters #mitos #misteri#sejarah #viral #infia #kamuharustahu#info #wowfakta #indozone#pengetahuan #ramadhan #puasa

Begitulah ceritanya tradisi di Indonesia..pastinya setiap itu ada ceritanya yang tersendiri

Kredit : Spoters

Post a Comment

Apa Kata Anda?

Previous Post Next Post