7 Cara Mengatasi (Philiphobic) Takut Kepada Cinta Dan Jatuh Cinta

Philophobia adalah satu penyakit mental dalam diri seseorang yang takut untuk jatuh cinta dan dicintai. Penghidap penyakit ini biasanya pernah melalui sendiri atau pengalaman orang lain hal-hal yang tidak menyenangkan dalam percintaan.


7 Cara mengatasi Philophobia, Takut akan Cinta dan Jatuh Cinta

1. Relax dan Tenang
Seorang Philophobic akan merasa gelisah yang berlebihan (anxciety disorder) apabila bercinta atau jatuh cinta. Hal ini disebabkan dalam fikirannya cenderung menyatakan dirinya sedang dalam bahaya.

Apabila seseorang yang sedang merasa dalam bahaya, dia akan mentafsirkan cinta sebagai sesuatu yang harus dijauhi. Dia akan mula rasa gelisah yang berlebihan, mual dan runsing. Hal yang harus dilakukan pada fasa ini adalah bercakap dengan diri sendiri dengan perkara-perkara yang positif. Anda boleh mengatakan dalam diri "Tenang, ini hanya sekadar pening biasa. Kamu akan tenang!!"
2. Hindari stress
Salah satu penyebab kegelisahan berlebihan adalah stress. Hindari kejadian-kejadian yang memaksa anda untuk berpikir berterusan. Tempatkan diri anda pada kegiatan yang anda suka untuk mengalihkan perhatian Anda, seperti hobi atau hal-hal lain yang menenangkan.

3. Hindari kafein dan rokok
Kafein yang terdapat pada kandungan minuman teh, kopi, soda, dsb, akan memicu jantung manusia untuk berdetak lebih kencang dari biasanya. Rokok juga akan memicu kondisi anda pada jantung yang berdetak lebih cepat, dan toh pemerintah juga menyatakan bahwa rokok bisa merusak kesehatan, well....ini juga free will anyway.. Perbanyak mengkonsumsi air putih.

4. Dapatkan Perubatan
Tentu saja untuk mendapatkan ubat ini, Anda harus berkonsultasi dengan doktor pakar sakit jiwa. Apabila gejala-gejala sudah makin parah, maka anda akan memerlukan perubatan untuk membuat diri Anda tenang. Hubungi dokter untuk menjalani program pengobatan.

5.Berhenti mengingat-ingat hal-hal yang membawa kegelisahan Anda

Tidak dapat dimungkiri, manusia selalu punya masa lalu. Kemungkinan masa lalu anda boleh menjadi penyebab Philophobia. Anda harus bisa memaafkan kesalahan di masa lalu. Anda juga harus melupakan apa yang sudah terjadi dan tak bisa merubah masa lalau. Apa yang kita punya adalah hari ini dan masa depan. Lakukan sesuatu. Bertanggung jawab pada diri Anda sendiri untuk membuat diri Anda bahagia akan lebih berarti daripada merenungi dan menanti orang lain untuk membahagiakan Anda.

6. Mintalah Tuhan untuk mengubah cara pandang Anda akan Cinta

Sebagai manusia biasa, berat sekali harus membebani diri sendiri akan ketakutan, apalagi ketakutan akan cinta. Semua perasaan diciptakan oleh Tuhan. Manusia tidak dapat mengingkari akan hadirnya perasaan sakit, bahagia, sedih, dan cinta. Libatkan Tuhan agar Anda mampu merubah cara pandang Anda tentang Cinta.

7. Berceritalah kepada orang yang anda percaya

Manusia akan selalu membutuhkan manusia lain. Saat Anda sedar bahawa anda memiliki ketakutan akan cinta, cubalah bercerita dan berkongsi dengan orang lain.  Sangatlah berat apabila harus menjadi seorang philophobic dan tidak ada seorang pun yang boleh diajak bersembang ataupun memberikan penyelesaian.

Sayangilah diri Anda sendiri. Semua perasaan datang dan pergi tanpa bisa dihindari. Dengan mengambil keputusan untuk menciptakan hidup yang berbahagia untuk diri Anda sendiri. 

Silakan tinggalkan komen, kerana percayalah, Anda tidak sendiri...!!

2 Comments

Apa Kata Anda?

Previous Post Next Post