35 Perkataan Gaul Terkini Bahasa Indonesia Versi Anak Millennial Sekarang

Kosa kata tentang bahasa gaul terus bertambah. Biasanya penambahan bahasa gaul itu seiring dengan perkembangan zaman di era digital saat ini.

Anak milenial sering menggunakan istilah atau bahasa gaul tersebut dalam percakapan sehari-hari. Untuk kamu yang belum tahu, berikut sejumlah istilah dan bahasa gaul yang cukup populer saat ini.

1. YGY
Yang terbaru dan lagi banyak dipakai. YGY adalah singkatan Ya Guys Ya, Ya Ges Ya, atau Ya Gaes ya.

2. Sabi
Biasa digunakan dalam percakapan di media sosial atau chatting. Sabi sendiri artinya adalah bisa atau mampu. Misalnya ketika ditantang sesuatu oleh teman, kita bisa membalasnya "sabi lah!".

3. TBL
Salah satu istilah yang populer yakni TBL yang merupakan singkatan dari "Takut Banget Loh".

4. Ghosting
Ghosting adalah istilah dalam percintaan yang digunakan saat seseorang meninggalkan pasangan atau calon pacarnya tanpa adanya alasan yang jelas.


5. Spill
"Spill dong!". Jika ada yang mengatakan hal itu, itu berarti ia meminta mu memberitahukan tentang sesuatu. Biasanya ini digunakan untuk mengungkap cerita tentang aib seseorang.

6. OOT
Lagi bicara topik A, tapi tiba-tiba ingin membicarakan hal lain. Biasanya ini disebut OOT yang merupakan singkatan dari out of topic.

7. Salty
Salty adalah bahasa slang hasil dari garam (salt). Biasanya digunakan untuk mengomentari (pernyataan kesal) atas pernyataan (tweet atau komentar) di media sosial. Ahli bahasa Indonesia, yaitu Ivan Lanin, salty merupakan di-salty-in = disindir; dicela. Tampaknya "asin" (salty) dimaknai sebagai celaan.

Terkadang ditemukan unggahan di media sosial dengan keterangan "no salty yah" yang berarti jangan mencela yah.

8. Pargoy
Istilah yang berawal dari anak-anak TikTok. Pargoy merupakan singkatan dari party goyang. Karena kebanyakan anak TikTok senang berjoget mengikuti irama lagu tertentu.

9. Insecure

Istilah ini sih artinya kurang lebih sama dengan pengertiannya dalam bahasa Inggris yakni merasa kurang aman. Biasanya digunakan dalam konteks percakapan orang yang sedang merasa kurang percaya diri.

10. Bund
Kependekan dari kata bunda. Biasanya digunakan untuk menyapa teman lain dalam bentuk yang berbeda. "Lagi sibuk apa sih bund?".
 
11. Bestie
Sebutan untuk sahabat. Biasanya disematkan diantara pertemanan perempuan.

12. Gemoy

Plesetan dari kata gemas. Biasanya dikatakan saat melihat sesuatu yang lucu atau menggemaskan.

13. POV
POV singkatan istilah dalam bahasa Inggris yakni Point of View. agar-agar
 

14. NGAB
Ngab adalah sapaan yang populer di media sosial. Artinya adalah Bang. Sama seperti sapaan bro yang berarti brother.

15. Hyung
Panggilan untuk abang laki-laki dalam bahasa Korea.

16. Jamet
Jamet awalnya adalah singkatan dari jajal metal biasanya digunakan untuk orang-orang yang dianggap berpenampilan seperti personil band metal. Baik pakaian, aksesori, maupun riasan yang digunakan sama sekali tidak memberikan kesan keren. Jamet diartikan sebagai norak. Jika dulu dikenal sebagai 'alay', kini menjadi jamet.

17. SBL
SBL merupakan singkatan dari Sebel Banget Loh.

18. NBL
NBL merupakan singkatan dari Ngakak Banget Loh.

19. LBH

LBH merupakan singkatan dari Love Banget Loch. Ditujukan sebagai ungkapan perasaan saat seseorang menyukai sesuatu.

20. Ngokey
Ini merupakan slang dari kata okay alias oke.

21. PAP
PAP merupakan singkatan dari post a picture biasa digunakan ketika meminta sebuah foto.

22. GA
GA adalah singkatan dari Give Away karena saat ini banyak akaun yang melakukan give away untuk berinteraksi dengan para followersnya.

23. Moots

Moots adalah kata lain dari 'mutual' dan berarti dua akun yang saling mengikuti satu sama lain. Istilah ini populer di Twitter.

24. Sambat
Bahasa gaul dari bahasa Jawa yang berarti mengeluh.

25. RL
RL merupakan singkatan dari kata 'Real Life' yang berarti kehidupan nyata.
 
26. Tweet
Tweet adalah pesan yang diunggah di media sosial Twitter.

27. Thread
Thread merupakan tweet berseri atau bersambung yang membahas topik tertentu. Biasanya digunakan untuk membahas sesuatu yang tidak bisa dijelaskan lewat satu tweet.

28. JB
JB atau JBJB merupakan istilah yang memiliki arti join bareng. Biasa digunakan di Twitter saat ada sebuah obrolan atau thread lalu kamu ingin ikutan nimbrung atau membalasnya.

29. Alter
Istilah alter merujuk pada kepribadian yang berbeda dengan yang biasa ditampilkan. Misalnya ada akun alter, maka itu merupakan akun yang membuat pemiliknya bisa menunjukkan kepribadian lain yang berbeda.

30. Nder
Nder merupakan kependekan dari sender yang artinya pengirim atau pembuat tweet. Ketika ada orang lain berkomentar, ia akan memanggil pembuat tweet tersebut dengan panggilan nder

31. SJW
Singkatan dari Social Justice Warrior atau pejuang keadilan sosial. Disematkan pada orang yang melakukan pembelaan atas sesuatu yang tidak adil. Namun kerap juga dijadikan julukan bagi orang yang selalu merasa benar secara berlebihan dan menganggap orang yang berlawanan dengan ideologinya selalu salah.

31. Menfess
Singkatan dari mention confess yang merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada seseorang tanpa mengungkapkan identitas pengirim

32. Spill The Tea

Spill The Tea atau tumpahkan tehnya merupakan istilah yang dipakai untuk mengungkap sesuatu yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

33. BU
BU merupakan singkatan dari butuh uang

34. BM
BM merupakan singkatan dari banyak mau

35. GABUT
Kata gabut ini merupakan singkatan dari gaji buta. Gaji buta digambarkan sebagai seseorang yang bekerja atau diberi tugas-tugas namun tidak melaksanakan pekerjaannya dan tetap mendapatkan upah atau gaji. Tapi, dalam bahasa gaul, gabut menggambarkan kondisi seseorang yang sedang tidak melakukan pekerjaan apa-apa atau yang sedang bingung harus melakukan apa.


Bagaimana, ada tambahan bahasa gaul lainnya yang kamu tahu?

Post a Comment

Apa Kata Anda?

Previous Post Next Post